236 Anggota MPR Hadir Dalam Sidang Tahunan

236 Anggota MPR Hadir Dalam Sidang Tahunan

Berita Politik

236 Anggota MPR Hadir Dalam Sidang Tahunan

Sebanyak 236 anggota MPR RI tidak menghadiri Sidang Tahunan MPR 2018 hingga Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menyampaikan pidato pembukaan pada acara yang berlangsung di Gedung MPR/DPR/DPD RI di Jakarta, Kamis (16/8).

Zulkifli Hasan yang juga Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional menyebutkan dari tanda tangan kehadiran anggota MPR pada acara tahunan itu, terdapat 453 dari 689 anggota MPR yang telah hadir.

Keanggotaan MPR RI merupakan gabungan dari anggota DPR RI dan anggota DPD RI. Keanggotaan MPR RI periode 2014-2019 terdapat 692 orang terdiri atas 560 anggota DPR RI dan 132 anggota DPD RI.

Ketidakhadiran 236 anggota MPR pada acara itu membuat deretan kursi anggota banyak yang terlihat kosong.

Sidang Tahunan MPR RI itu mengagendakan penyampaian pidato Presiden Joko Widodo. Presiden Joko Widodo hadir bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo Hadir pula pada acara itu Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Ibu Mufidah Kalla, termasuk para menteri anggota Kabinet Kerja.

Presiden ke-3 RI BJ Habibie, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden ke-6 RI Try Sutrisno, dan Wakil Presiden ke-11 RI Boediono juga tampak hadir.

Zulkifli Hasan meminta para hadirin untuk memberikan applaus atas kehadiran Megawati, yang juga Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, dan sembari mengatakan kalau Megawati tidak hadir maka sepi acara itu.

Pimpinan lembaga-lembaga negara juga hadir. Selain Zulkifli Hasan, hadir pula Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang, Ketua Badan Pemeriksa Keuangan RI Moermahadi Soerja Djanegara, Mahkamah Agung RI Muhammad Hatta Ali, Ketua Mahkamah Konstitusi RI Anwar Usman, Ketua Komisi Yudisial RI Aidul Fitriciada Azhari.