Amien Rais ingin PT Freepot ditutup

Amin Rais CS Serang PT Freepot Indonesia

Berita Politik

Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais mengucapkan meminta agar PT Freeport Indonesia (PTFI) ditutup, karena Freeport sudah melakukan kejahatan yakni tentang pembayaran pajak yang tidak masuk akal. Politikus senior ini mengaku bahwa ia pernah ke tambang Freeport, dan informasi terkait pembayaran pajak tersebut didapat dari sejumlah insinyur yang bekerja di sana.

Amien Rais yakin dengan apa yang dia ucapkan terkait dengan pembayaran pajak, bahwa Freeport membayar pajak tidak sesuai dengan apa yang sudah ditentukan. Kecilnya pajak yang dibayar Freeport merupakan salah satu kejahatan, karena pajak Freeport lebih kecil dibandingkan dengan produsen rokok Djarum dan Gudang Garam.

Saat di gedung DPR Jakarta, Kamis 26 Juli 2018, Amien Rais mengucapkan alasannya terkait ingin menutup Freeport. PT Freeport Indonesia (PTFI) telah melakukan sejumlah kejahatan saat menambang di Papua Nugini. Amien Rais bercerita, dirinya pernah mengunjungi lokasi penambangan Freeport.

Dia mengatakan mendapat informasi tentang kecilnya biaya pajak yang dikeluarkan Freeport dari beberapa insinyur yang berkecimpung di PT Freeport Indonesia.

“Saya diberitahu oleh para insinyur muda dari UI, UGM, dan ITB, bahwa Freeport memasukkan alat-alat berat pertambangan kebutuhan Freeport berupa mesin-mesin, dan semuanya bebas pajak karena Freeport merasa seperti negara kecil di atas Indonesia,” ujarnya.

Dari informasi itu, Amien Rais langsung menuliskan laporannya didalam koran. Menurutnya, Freeport pasti mengemplang pajak karena pajak yang dibayarkan lebih kecil dibanding pajak yang dibayarkan oleh produsen rokok Djarum dan Gudang Garam.

“Feeport pasti ngemplang pajak karena pajak karena pajak yang diterima Indonesia lebih kecil dari yang dibayar Djarum atau Gudang Garam maka tahun berikutnya Freeport jadi pembayar pajak terbesar,” tutupnya.

Hal tersebut membuatnya geram, dan menganggap PT Feeport sedang melakukan manipulasi pembayaran pajak dan tidak tertib dalam pembayar pajak. Feeport adalah PT besar yang harus membayar pajak dengan jumlah yang sudah ditentukan, sedangkan produsen rokok Djarum dan Gudan Garam adalah PT yang seharusnya membayar pajak lebih kecil dibandingkan dengan Freeport.