Antisipasi Penyebaran Corona Pada Lapas

Saran Dari DPR Untuk Antisipasi Penyebaran Corona Pada Lapas

Ini 5 Fakta Mengerikan Lapas Nusakambangan, Rumah Baru 154 Napi ...

Antisipasi Penyebaran Corona Pada Lapas. Tentunya pada saat ini DPR membuka suara, untuk mencegahnya penyaki corona untuk orang – orang yang di lapas.

Kondisi dari Lembaga Permasyarakatan ( Lapas ) yang sudah over capacity sangat berpotensi sekali untuk menciptakan penularan dari Corona Covid – 19 dari antara warga binaan rupanya.

Maka dari itu Kementrian Hukan serta HAM di minta untuk segera duduk bersama DPR. Yang nantinya agar bisa mempercepat proses pembahasana dari Rancangan Undang – Undang ( RUU ). Untuk permasyarakatan yang nantinya akan di sahkan menjadi Undang – Undang ( UU ), gunanya untuk mengurangi permasalahan dari over kapasitas tersebut.

Warga bianaan merupakan manusia yang sama dengan kita yang memiliki hak asasi yang paling esensial yaitu hak untuk hidup. Kata yang di ucapkan dari Wakil Ketua Komisi Hukum DPR Ahmad Sahroni.

Gunanya untuk mengakomodir hak warga binaan. Maka soslusi yang paling sangat tepat sera penting menurut Ahman Sahroni adalah pemerintahan bersama DPR. Yang nantinya akan segera merealisasikannya lewat pembahasan dan juga pengesahan RUU Pemasyarakatan menjadi UU.

Untuk over kapasitas ini merupakan persoalan klasik yang selama ini menjadi permasalahan yang hampir si seluruh lapas Indonesia. Mari pada saat ini kita, pemerintahan serta DPR haru mengedapkan rasa dari kemanusiaan agar UU Permasyarakatan segera di sahka. Kata Ahmad Sahroni.

Cegah Penyebaran Corona, Lapas Palopo Bolehkan Napi Video Call ...

Langkah lain yang bisa di lakukan pemerintah untuk jangka yang sangat pendek ini menurut Ahmad Sahroni. Dengan mencabutnya PP 99 yang selama ini telah memasung dari hak – hak warga binaan atau pun terpidana.

Menurut Ahmad Sahroni juga selama ini PP 99 itu sudah mengasung hak – hak narapidana. Tentunya hal itu juga sangat berimbas dengan makin baanyaknya pehuni dari lapas mauapun rutan yang ada di Indonesia.

Ahmad Sahroni juga megucapkan ” Pemasungan itu kemudian menciptakan banyak masalah di lapas rupanya, mulai ari persoalan kelebihan muatan, pembinaan, fasilitas sampai hingga pendanaan.

Perlu di ketahui Ahmad Sahroni juga sangat khawatir, bila pemerintahan tidak akan daat menempuh langkah pencengahan. Serta dengan segera menyetujui pengesahaan UU Pemarsyarakatan serta bisa juga untuk mencabut PP 99. Maka bukan tidak mungkin lapas akan berubah menjadi ” neraka ” bagi para warga binaan.

Ahman Sahroni ini buka suara lagi ” Mengapa saya sebut dengan istilah neraka. Karena ancaman dari kematian yang begitu besar sekali bagi warga binaan yang telah terpapar Covid – 19.

Langkah – Langkah Pencegahan

Tentunya Ahmad Sahroni ini akan jauh lebih mengingatkan lagi jangan sampai pemerintah menjadi bagian dari kejahatan manuasia. Apabila lalai serta membiarkan persolanan dari over kapasitas di lapas menjadi sumber malapetaka bagi penghuninya.

Pada sebelumnya pengamat dari kebijakan publik, Trubus Rahdiansyah juga telah meminta kepada anggota DPR untuk segera bertindak dengan cepat. Untuk gerak lebih cepat lagi dalam mengesahkan UU di nilai yang akan bisa menyelamatkan ribuan dari narapidana yang ada di dalam lapas atau pun ruta.

Tentunya Mau tidak mau RUU pemasyarakatan harus segera disahkan, dan justru ini harus menjadi prioritas dan mendesak. Karena dengan adanya UU itu nantinya akan mencabut PP No .99 kata dari Ahmad Sahroni.

Telah di katakan Trubus, dari masalah RUU permasyarakatan ini sudah sangat mendesak semua untuk segera cepat di sahkan. Serta hal ini juga bukan hanya masalah dari over kapasitars, tapi masalah lainnya juga seperti Sumber Daya Alam Manusia ( SDM ) yang pastinya akan kekurangan.

Sudah pastinya dengan di sahkannya UU Pemasyarakatan Trubuh berharap hal itu berpenagruh sekali terhadap pencegahan atas covid 19. Pada pasalnya, instruksi terkait sosial distance sama sekali tak berjalan di lapas maupun di rutan.

Kebijakan dari sosial disntance pastinya akan berjalan lebih baik lagi, karena di dalam lapas bila di berika jarak satu atau pun 2 meter itu juga tempatnya tidak akan cuku, mau taruh di mana lagi para narapidanan ?. Ujar lagi dari Ahmad Sahroni.

Memang pada saat ini kita sedang kebingunan sekali gara – gara timbulnya masalah karena virus covid 19 ini. Itulah penjelasan dari antisipasi penyebarannya corona untuk di lapas.

Semoga artikel yang kami buat ini bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Baca juga menteri yang susah sekali untuk di temui wartawan.

Author: admin