Cara Potensi Generasi Milenial Indonesia

Cara Potensi Generasi Milenial Indonesia

Badan Politik

Cara Potensi Generasi Milenial Indonesia

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) punya cara tersendiri untuk mengawal potensi generasi milenial. Caranya adalah dengan meluncurkan program Literasi Generasi Muda Milenial. Program ini dibuat demi mendampingi generasi muda atau milenial agar bisa menikmati kecanggihan teknologi masa kini dengan cara yang tepat.

Tantangan dunia di era banjir informasi seperti saat ini membuat pemuda kita harus mendapatkan pendampingan dengan cara yang tepat dalam menikmat canggihnya teknologi dan informasi yang ada. Ini menjadi salah satu cara kita mengawal potensi pemuda zaman now yang sangat besar dan beragam. ujar Menteri Pemuda

Ia mengatakan hal ini di acara peluncuran program Literasi Generasi Muda Milenial di halaman Kantor Kemenpora, Ia berharap program yang diluncurkan ini akan semakin mendekatkan Kemenpora dengan para stakeholder-nya, dalam hal ini generasi muda milenial.
Sejak awal kita selalu ingin menjadi rumah dari tempat anak-anak muda berkumpul dan berkegiatan. Setiap kegiatan yang kita rancang, kita upayakan mengikuti apa yang menjadi minat dan keinginan anak-anak muda. Kita sesuaikan program kepemudaan yang selama ini kita miliki dengan tuntutan dan perkembangan zaman. paparnya.

Ia turut mengungkapkan program ini merupakan hasil kerja sama antara Kemenpora melalui Deputi Pengembangan Pemuda dengan PT Pegadaian (Persero). Nantinya, program ini akan dilaksanakan di 15 titik antara lain Jakarta, Tangerang, Palembang, Depok, Sumedang, Pekanbaru, Makassar, Semarang, Kudus, Aceh, Manado, Kediri, Surabaya, Pontianak, Madura, dan Bali.

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Asrorun Niam Sholeh menjelaskan sejumlah agenda yang dilakukan dalam program ini meliputi Pengembangan Kewirausahaan Pemuda, Pengembangan Kepramukaan, Pemantapan Organisasi Kepemudaan, Literasi Keuangan bagi Generasi Muda Milenial, serta Literasi Pemanfaatan Media Sosial dan Inovasi serta Diskusi Milenial.

Untuk memanfaatkan momentum Piala Dunia 2018, kegiatan Literasi Generasi Muda Milenial ini disertai dengan nonton bareng Piala Dunia 2018 yang melibatkan komunitas pemuda dari setiap titik yang ada. Sebelum nonton bareng, ada kegiatan pelatihan dan coaching bagi pemuda. Asrorun berharap program ini diminati milenial sehingga upaya Kemenpora yang menggandeng PT Pegadaian (Persero) yang memiliki jaringan luas dan tersebar di banyak kota di Indonesia selaras dengan Nawacita Presiden Joko Widodo yang menyatakan negara hadir bagi semua kalangan, khususnya anak muda.

Acara peluncuran Program Literasi Milenial dimeriahkan dengan penampilan kreasi musik dan tari dari pelajar dan pemuda binaan Kemenpora serta komunitas anak-anak muda kreatif lainnya. Turut hadir pada acara ini di antaranya pejabat Eselon 1 dan 2 di Lingkungan Kemenpora, jajaran direksi, staf PT Pegadaian (Persero), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), GP Ansor, PP BKPRMI, dan organisasi-organisasi kepemudaan lainnya.