Dua Napi Sukamiskin Ancam Yasonna

Dua Napi Kakap Sukamiskin Ancam Yasonna

Berita Politik

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Hamonangan Laoly kini tengah mendapat ancaman dari dua orang terpidana yang kini masih mendekam di Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin(LP Sukamiskin) Bandung. Yasonna tidak mau menyebutkan nama kedua narapidana yang telah mengancam dirinya. Namun dipasti ancaman tersebut muncul terkait dengan upaya dia bersama dengan para stafnya yang membernahi berbagai penyimpangan, yang sudah terjadi di dalam LP Sukamiskin.

Penjara rupanya tidak sepenuhnya membuat seorang narapidana jera dan berhenti melakukan pelanggaran hukum. Pasalnya, Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin bukanlah penjaara yang memberi rasa jera bagi penghuninyan melainkan memberi kemewahan fasilitas sel yang tak akan membuat para narapidana yang tinggal disana jera atau kapok dengan kesalahan yang sudah dibuatnya.

Dari hasil sidak Dirjen Pemasyarakatan Sri Puguh Utami kemudian patut diduga dua narapidana yakni Setya Novanto dan M. Nazarudin menempati sel palsu untuk mengelabui petugas dan masyarakat. Yasonna pun bertindak. Selain mencopot Wahid Husein, dia juga mencopot atau memutasikan para staf di bawahnya.

Untuk memeriksa kemungkinan masih adanya pelanggaran, Yasonna juga menerjunkan Inspektur Jenderal Kemenkumham ke Sukamiskin. Namun rupanya semua langkah itu mendapat perlawanan yang berujung negatif. Dengan kata lain, narapidana yang berada di Lapas Sukamiskin ini masih belum cukup jera singgah di penjara.

Sebenarnya lebih baik para narapidana pengedar sabu langsung dijatuhi hukuman mati meskipun dia bersikukuh tidak akan mengulanginya. Karena dengan dihukum mati, akan menjadi cerminan semua masyarakat jika menjadi pengedar akan dihukum mati. Selanjutnya bagi para koruptor, hingga pejabat tinggi sekalipun harusnya dimasukkan ke Lembaga Pemasyarakatan Nusakambangan atau ketempat terpencil sekalipun. Langkah tersebut terdengar sangat sadis dan kejam, namun bukankah penjara adalah tempat untuk memberi pelajaran para narapidana yang dapat membuatnya jera ?