Pertemuan SBY dengan Prabowo membahas tentang Koalisi Pilpres 2019

Ini Pembahasan SBY Dengan Prabowo

Berita Politik

Pada pertemuan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, merupakan pembahasan yang mengerucut tentang arah koalisi Pilpres 2019 mendatang.

Seperti yang diketahui, pertemuan antara SBY dengan Prabowo berlangsung selama kurang lebih dua jam di kediaman Susilo Bambang Yudhoyono di kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan. Mereka bertemu pada hari Selasa, 24 Juli 2018 pukul 19.30 WIB sampai 21.30. Pernyataan tersebut diucapkan oleh SBY dengan tiga hal penjabaran yang kemungkinan besar akan terjadi koalisi antara kedua partai tersebut.

Pernyataan SBY yang pertama yakni untuk menjaga komitmen keduanya agar pemilu berlangsung secara damai, jujur, dan adil. Kedua partai tersebut bersepakat untuk berupaya untuk kelangsungan pemilu pilpres. Kemudian SBY juga menekankan tentang koalisi ini, yaitu mencegah agar politik identitas dan politik SARA secara ekstrem mendominasi pemilu.

Mantan Presiden yang menjabat dua periode ini menegaskan agar negara, pemerintah, TNI-Polri, dan inteligen netral dan tidak berpihak dalam pemilu 2019. Selanjutnya SBY juga berharap supaya negara menjamin kebebasan untuk berbicara, sebagaimana dijamin oleh konstitusi dan undang-undang negara selama berlangsungnya kampanye pemilu nanti.

Mengingat kebebasan berbicara itu sangat penting dalam kampanye pemilu, namun tetap ada batasan-batasan dalam berbicara dalam kampanye. Susilo Bambang Yudhoyono tampaknya sedikit menekankan tentang siapapun yang akan menjadi pemenang dalam pemilu 2019 nanti, rakyat harus dan wajib mengakui serta menerima keputusannya.