Jokowi-Ma'ruf Amin Mendatangi RSPAD Gatot Subroto Untuk Tas Kesehatan

Jokowi-Ma’ruf Amin Mendatangi Rumah Sakit Gatot Subroto Untuk Tas Kesehatan

Berita Politik

Jokowi-Ma’ruf Amin Mendatangi Rumah Sakit Gatot Subroto Untuk Tas Kesehatan

Usai pendaftaran, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar pemeriksaan kesehatan bagi bakal calon presiden dan calon wakil presiden sebagai tahap selanjutnya. Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin menjadi pasangan pertama yang mengikuti pemeriksaan hari ini, Minggu (12/8).

Persiapan dilakukan sejak pukul 06.00 WIB, sedangkan keduanya akan mulai diperiksa pada pukul 08.00 WIB. Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy’ari mengatakan ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan oleh calon presiden dan wakil presiden sebelum menjalani tes kesehatan.

KPU sebelumnya telah menentukan, pemeriksaan kesehatan bagi pasangan capres-cawapres akan dilakukan di Medical Check Up (MCU) RSPAD Gatot Subroto Jakarta. Arief mengatakan tes kesehatan akan meliputi pemeriksaan mata, telinga, gigi, hingga organ dalam.

Salah satunya, menjalani puasa selama delapan jam sebelum akhirnya mereka mulai menjalani rangkaian tes pemeriksaan.

KPU tak memperbolehkan capres-cawapres melakukan pemeriksaan kesehatan sendiri. Pemeriksaan kesehatan hanya akan dilakukan sekali. Pada tahapan ini capres-cawapres akan diperiksa mata, telinga, gigi, hingga organ dalam. Selain itu juga akan ada pemeriksaan kejiwaan lewat psikotes serta bebas penyalahgunaan narkotika.

Berdasarkan aturan, capres dan cawapres harus sehat secara jasmani dan rohani dalam menjalankan tugas. Standar pemeriksaan kesehatan ini ditentukan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Hal ini sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 22 Tahun 2018 pasal 28 tentang Pencalonan Peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden.

Aturan rinci terkait pemeriksaan tersebut terdapat pada SK KPU Nomor 1004 Tahun 2018 tentang Panduan Teknis Penilaian Kemampuan Rohani dan Jasmani Bakal Calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Dalam Pemilu 2019.