Sofian Effendi (Ketua KASN)

Ketua KASN Akan Urus Anies

Berita Politik

Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) kini tengah dituding oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bahwa Sofian Effendi sedang berpolitik. Tudingan tersebut ditujukan kepada Ketua KASN karena Anies geram dengan pernyataan yang dikluarkan dari KASN.

Anies keberatan KASN menggelar jumpa pers soal rekomendasi tentang perombakan pejabat Pemprov DKI. KASN merekomendasikan Anies untuk mengaktifkan kembali pejabat-pejabat yang sudah dicopot. Anies keberatan hal itu diumumkan terbuka, keran menurut Anies itu adalah privasi.

Jawaban Anies sangat tidak masuk akal. Sofian mengatakan, Jika sesuatu hal terkait dengan para pejabat adalah privasi, mengapa saat pemecatan pejabat di umumkan ? Giliran sekarang diminta mengaktifkan, tidak mau diadakan jumpa pers. Apakan Anies ingin menang sendiri ???

Sofian menepis tudingan Anies. Dia menegaskan tak ada maksud politik. Cara yang sama pernah diterapkannya di zaman eks Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Namun, Anies seolah tak percaya. Dimintai tanggapan mengenai pembelaan Sofian. Anies makin kencang menduga Sofian berpolitik.

“Selalu surat kami kirimkan dan disusul dengan rilis secara lisan atau tertulis. Kami lakukan yang sama pada Ahok, (yang pernah menjabat menjadi Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama terbaik) dan para PPK yang lakukan pelanggaran. Jadi, memang tugas KASN untuk mengawasi agar pengangkatan, penempatan, dan pemberhentian pegawai dan pejabat ASN dilakukan secara objektif,” kata Ketua KASN Sofian Effendi kepada detikcom, Sabtu 28 Juli 2018 malam.

Anies mengatakan, seharusnya, KASN tak perlu secara terbuka menyampaikan rekomendasi tersebut. KASN, kata Anies, hanya perlu berkirim surat ke Pemprov DKI.

Masalah kirim surat maupun berbicara dalam satu acara jumpa pers sebenarnya bukan masalah yang haru dibahas hingga seperti ini. Tudingan Anies kepada Sofian Effendi tentang KASN berpolitik tersebut akan diperpanjang, dan akan dinaikkan agar para pejabat negara tidak semena-mena berbicara dan berperilaku.