KPU Perpanjang waktu pendaftaran capres cawapres

KPU Akan Memperpanjang Waktu Pendaftaran

Berita Politik

Hingga hari ini, Selasa 7 Agustus 2018 belum ada parpol atau gabungan parti politik yang mendaftarkan pasangan capres dan cawapres. Sementara pendaftaran akan ditutup pada hari Jumat 10 Agustus 2018. Sebenarnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) bisa memperpanjang masa pendaftaran capres cawapres, jika didapat hanya satu pasang calon tunggal yang maju.

Pada PKPU No 22 Tahun 2018 diatur mengenai perpanjangan waktu pendaftaran. Aturan ini berlaku jika hanya ada 1 pasangan calon yang lolos verifikasi. Berikut kutipan aturan tersebut:

BAB VI
PEMBUKAAN PENDAFTARAN KEMBALI

Pasal 35

  1.  Dalam hal berdasarkan hasil verifikasi kelengkapan administrasi dan kebenaran persyaratan pencalonan dan persyaratan calon hanya terdapat 1(satu) Pasangan Calon yang dinyatakan memenuhi syarat, KPU membuka kembali pendaftaran Pasangan Calon selama 2 x 7 (dua kali tujuh) Hari.
  2.  Dalam hal telah dilaksanakan pendaftaran sebagaimana dimaksud pada ayat (1) masih terdapat 1 (satu) Pasangan Calon, tahapan pelaksanaan Pemilu tetap dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Melihat dari aturan ini, maka penetapan perpanjangan waktu pendaftaran baru bisa dilakukan setelah proses verifikasi selesai. Adapun lama proses verifikasi dokumen diatur dalam Pasal 18 yang berbunyi sebagai berikut:

    Pasal 18

KPU melakukan verifikasi kelengkapan dan kebenaran dokumen persyaratan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 dan Pasal 10 paling lama 4 (empat) Hari sejak diterimanya dokumen persyaratan.

KPU kemudian akan mengklarifikasi data dari dokumen persyaratan tersebut. Kemudian partai politik masih diberi kesempatan untuk memperbaiki apabila ada dokumen persyaratan yang masih kurang.

Partai politik diberi kesempatan memperbaiki dokumen selama 3 hari setelah menerima berita acara verifikasi dari KPU. Selanjutnya KPU akan memverifikasi kembali sesuai dengan Pasal 22.

Pasal 22

(1) KPU melakukan verifikasi dokumen hasil perbaikan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 21 ayat (3) paling lama 3 (tiga) Hari sejak diterimanya dokumen hasil perbaikan.

(2) KPU menolak dokumen selain dokumen yang dinyatakan belum memenuhi syarat atau tidak lengkap sebagaimana dimaksud dalam Pasal 21 ayat (2).

KPU akan menyampaikan hasil verifikasi perbaikan ini paling lambat 3 hari setelah dokumen perbaikan diterima. Sehari setelah verifikasi, KPU akan menggelar rapat pleno untuk menetapkan pasangan calon.

Para partai politik sepertinya masih belum menentukan cawapres mereka, dan koalisi yang belum ada kepastian dari beberapa anggotanya. KPU akan memberi waktu tambahan pendaftaran, karena belum ada calon yang maju untuk mendaftarkan diri.