KPU : Pendaftaran Capres-Cawapres Dibuka Hari Ini

KPU : Pendaftaran Capres-Cawapres Dibuka Hari Ini

Berita Politik

Pada hari ini, Sabtu 4 Agustus 2018 tepat pukul 08.00 WIB tadi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah membuka pendaftara untuk calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres). Selanjutnya untuk pasangan calon, didaftarkan oleh partai politik (parpol) atau gabungan parpol sebagai pengurusnya.

Selanjutnya, KPU akan menuntup pendaftaran pada hari Jumat 10 Agustus 2018 tepat pada pukul 24.00 WIB. Selain para calon, KPU juga meminta kepada para pimpinan parpol pengusung harus menghadiri sesi pendaftara capres dan cawapres karena ada beberapa syarat yang harus dibawa saat melakukan pendaftara.

“Syaratnya yakni bukti partai-partai ini yang memenuhi syarat kalau berkoalisi ya, misalkan 20 persennya maka masing-masing pimpinan parpol ketum dan sekjen kan membubuhkan tanda tangan dan cap partai di dokumen pencalonan, tanda tangan asli, stempel juga asli. itu yang paling penting,” kata Hasyim.

Kemudian syarat lain yang harus dipenuhi yaitu syarat calon. Hasyim mengatakan syarat calon ini diisi dan ditanda tangani oleh capres dan cawapres yang akan mendaftar.

Kemudian, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Mochammad Afifudin meminta pendukung partai tidak menggunakan atribut provokatif. Bawaslu juga mengingatkan bahwa ini belum massa kampanye. Mengingat ini masih sesi pendaftaran dan belum memasuki masa kampanye, jadi ditegaskan kepada masa pendukung partai untuk tidak membawa atribut provokatif, karena nantinya akan memicu ketegangan antar pendukung parpol.

Afif mengatakan salah satu provokatif yakni dengan adanya penggunaan tagar-tagar yang nantinya akan membuat panas suasana area pendaftaran. Diharapkan hal-hal seperti demikian tidak dilakukan saat ini untuk menghindari ketegangan.