Ketentuan Pencalonan capres-cawapres

KPU Tetapkan Ketentuan Pencalonan Capres-Cawapres 2019

Berita Politik

Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah membuka pendaftara untuk calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) 2019. Selanjutnya untuk pasangan calon, didaftarkan oleh partai politik (parpol) atau gabungan parpol sebagai pengurusnya. Kemudian saat pendaftaran, para calon wajib mengikuti ketentuan-ketentuan pencalonan yang sudah ditetapkan KPU sebagaimana menjadi salah satu langkah utama untuk mencalonkan diri menjadi capres-cawapres.

Pendaftaran Capres dan Cawapres di buka pada hari Sabtu, 4 Agustus 2018 tepat pukul 08.00 WIB tadi, dan KPU akan menuntup pendaftaran pada hari Jumat 10 Agustus 2018 tepat pada pukul 24.00 WIB.

Kemudian dalam pendaftaran, KPU memberikan beberapa ketentuan saat mendaftar capres maupun cawapres. Berikut ketentuan pendaftaran capres-cawapres menurut Peraturan KPU nomor 22 tahun 2018 pasal 13 Tentang Pencalonan Peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden :

Pasal 13

  1. Partai Politik atau Gabungan Partai Politik mendaftarkan Bakal Pasangan Calon kepada KPU selama masa pendaftaran sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12 ayat 3.
  2. Pendaftaran Bakal Pasangan Calon hanya dilakukan 1 (satu) kali pada masa pendaftaran sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12 ayat 3.
  3. Pengurus Partai Politik atau Gabungan Partai Politik, dan Bakal Pasangan Calon wajib hadir pada saat pendaftaran sebagaimana dimaksud pada ayat 2.
  4. Dalam hal Pengurus Partai Politik atau Gabungan Partai Politik, atau salah seorang bakal calon atau Bakal Pasangan Calon tidak dapat hadir pada pendaftaran sebagaimana dimaksud pada ayat 3, Partai Politik atau Gabungan Partai Politik tidak dapat melakukan pendaftaran, kecuali ketidakhadiran tersebut disebabkan halangan yang dapat dibuktikan dengan surat keterangan dari instansi yang berwenang.

Ketentuan-ketentuan tersebut sudah disampaikan oleh KPU kepada setiap parpol yang ingin mendaftarkan capres-cawapres, dan KPU berharap tidak ada kekurangan berkas saat melakukan pendaftaran atau pencalonan.