Megawati Soekarnoputri Berikan Wewenang Kepada Joko Widodo

Megawati Soekarnoputri Berikan Wewenang Kepada Joko Widodo

Berita Politik

Di Pilpres 2019, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memberikan wewenang sepenuhnya kepada Joko Widodo untuk penentuan cawapres tahun ini. Tak seperti pada pilpres 2014, dimana cawapres untuk Joko Widodo kala itu di tentukan oleh Megawati Soekarnoputri.

Tentu sebagai Ketua Umum partai pengusung Jokowi, Megawati punya arahan soal karakter cawapres ideal. Namun spesifik soal nama, Jokowi sendiri yang menentukan. Ini karena Jokowi dipandang Megawati sudah berpengalaman di bidang politik. Jokowi yang sekarang sudah tak seperti Jokowi jelang Pilpres 2014 dulu, karena kini Jokowi yang akan menentukan nama cawapres tahun ini.

“Hanya Pak Jokowi yang tahu yang dibutuhkan untuk menjadi pasangannya. Apalagi Pak Jokowi kan sudah pengalaman lima tahun, tentu pertimbangan kongruen (sama sebangun) dengan PDIP sebagai partai nasionalis Pancasila karena Jokowi kader asli PDIP,” tutur Eva Kusuma Sundari selaku Sekretaris Badan Pendidikan dan Pelatihan DPP PDIP.

Megawati hanya menyodorkan kriteria ideal cawapres ke Jokowi. Kriteria cawapres Jokowi menurut Megawati adalah paham Pancasila dan mau bekerja demi Indonesia. Cawapres Jokowi juga harus toleran dengan keberagaman di negara ini.

Kriteria Cawapres dari Megawati yakni yang paham dengan Indonesia Raya, visioner, Pancasilais, Pro keberagaman, dan bekerja demi Indonesia. Sementara untuk bocoran cawapres yang akan dipilih Jokowi hingga sampai saat ini masih belum ada kabar yang menggambarkan sosok cawapres pilihan Presiden RI tahun ini.