Yusuf Supendi pendiri PKS sekaligus caleg PDIP

Pendiri PKS Sekaligus Caleg PDIP Meninggal Dunia

Berita Politik

Dunia Politik baru saja kehilangan salah seorang tokoh besar pendiri Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yakni KH. Yusuf Supendi. Beliau meninggal dunia pada pukul 06.00 WIB Jumat, 03 Agustus 2018 tadi. Selain pendiri PKS, Yusuf juga pernah nyaleg di PDIP dan bergabung bersama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Yusuf Supendi menjadi bagian dari PKS sejak partai itu bernama Partai Keadilan pada 1998. Bukan hanya pendiri, dia juga menjadi salah satu deklarator partai dakwah tersebut. Tetapi Yusuf kemudian terlibat dalam konflik internal PKS. Akhirnya Presiden PKS kala itu, yaitu Lutfhi Hasan Ishaaq, memecat Yusuf.

Setelah dipecat, Yusuf mengambil sejumlah langkah hukum. Dia pernah mengajukan gugatan perdata terhadap 10 elite PKS dengan jumlah kerugian Rp 42,7 miliar. Namun hakim PN Jaksel menolak gugatannya itu pada 14 Februari 2012. Yusuf pun mengadukan hakim yang menolak gugatannya ke Komisi Yudisial.

Tak hanya itu, Yusuf juga mempermasalahkan terpilihnya Presiden PKS Anis Matta karena dianggap ilegal. Dia pun meminta KPU pada Juni 2013 mencoret 494 caleg PKS yang didaftarkan untuk Pileg 2014. Lima tahun berselang, Yusuf kembali berupaya masuk ke DPR. Dia memutuskan maju sebagai caleg lewat PDIP.

Bahkan sebelum Yusuf meninggal, beliau telah menentukan pilihan yang tepat bergabung bersama PDI Perjuangan. Semoga semua amal ibadah dan keteladanan almarhum selama hidup menjadi teladan bagi kita semua, khususnya generasi muda bangsa ini.

Dari kabar yang beredar, Yusuf Supendi meninggal lantaran kelelahan mengurusi persiapan pencalegannya. Sejumlah ucapan belasungkawa juga ditujukan dari kalangan Parpol dan juga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Selamat jalan sang politisi hebat, semoga amal ibadahmu diterima disisiNYA dan akan selalu mendampingimu di dasana.