Polisi yang Selundupkan Penonton Tanpa Tiket ke GBLA Diperiksa Propam

Polisi yang Selundupkan Penonton Tanpa Tiket ke GBLA Diperiksa Propam

Anggota Polri

Polisi yang Selundupkan Penonton Tanpa Tiket ke GBLA Diperiksa Propam

Oknum anggota Polri berinisial Brigadir Er, yang diduga menyelundupkan sejumlah penonton tanpa tiket masuk ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Gedebage, Kota Bandung, diperiksa Propam Polrestabes Bandung. Brigadir Er terancam sanksi administratif.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Hendro Pandowo mengatakan, Brigadir Er pada Sabtu 22 Juli 2017, berjaga di pintu O, Tribun Timur Stadion GBLA Kota Bandung, saat pertandingan Persib Bandung melawan Persija Jakarta. Dia beralasan terpaksa memasukkan penonton tanpa tiket karena mereka teman-teman anaknya.

Meski begitu, tindakan Brigadir Er melanggar disiplin. Bridgadir Er juga dinilai bisa jadi memasukkan banyak orang. Karena itu, Polrestabes Bandung memberikan tindakan tegas teterhadap yang bersangkutan. Sanksi yang diterima tergantung tingkat kesalahannya, bisa berupa teguran, mutasi, penundaan kenaikan pangkat, dan pemberhentian secara tidak hormat.

“Saat ini, Brigadir Er sedang diperiksa intensif oleh Propam. Pemeriksaan masih berlangsung dan sidang disiplin akan digelar paling lambat minggu ketiga Agustus ini. Kami tidak pandang bulu terhadap siapa pun pelaku pelanggaran,” kata Hendro di Mapolrestabes Bandung, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Jumat (4/8/2017).

Disinggung mengenai perwira yang memimpin penjagaan di pintu O GBLA, Hendro mengemukakan, pengamanan setiap pintu stadion memang dipimpin oleh seorang perwira. Saat itu, yang melakukan pengamanan di pintu O adalah Ipda Suk. “Ipda Suk diperiksa juga. Dia tahu atau tidak tindakan anggotanya. Kalau mengetahui tapi tidak melakukan tindakan apapun, tentu dia ikut melakukan pelanggaran,” ujar Hendro.

Diberitakan sebelumnya, aksi oknum polisi memasukkan penonton tanpa tiket ke GBLA Kota Bandung terekam video. Video berdurasi kurang lebih 40 detik diunggah melalui akun Twitter dan Instagram @officialvpc pada Selasa 25 Juli 2017 lalu.

Dalam video itu, terlihat para penonton tengah antre untuk masuk ke dalam stadion. Di sisi lain, tampak beberapa orang penonton tanpa tiket leluasa masuk ke stadion. “Oknum, oknum. Tukang tiket, asup tanpa tiket, duit duit. Itu make tiket, itu tanpa tiket, enggak seru,” kata seseorang dalam video tersebut.