Sebelum Mendaftar, Jokowi Sungkeman

Sebelum Mendaftar, Jokowi Sungkeman

Berita Politik

Berbicara tentang foto sungkeman Joko Widodo kepada ibunya Sudjiatmi yang diupload di media sosial, tadi pagi sebelum Jokowi pergi mendaftar ke KPU (Kantor Pemilihan Umum) Jakarta Pusat, telah melakukan sungkeman kepada ibunya. Presiden Jokowi melakukan sungkeman, merupakan bentuk meminta doa restu dari seorang ibu kepada anaknya agar tujuannya berjalan dengan lancar.

Jokowi mengatakan sungkeman ke ibundanya itu sudah menjadi kebiasaan yang dia lakukan sejak kecil. “Iya, biasa itu. Sudah biasa dari kecil,” katanya.

Jokowi mengatakan dirinya mendapatkan restu dan doa dari ibundanya. “Iya merestui, mendoakan,” katanya. Saat ditanya apakah ada pesan khusus dari ibunda, Jokowi mengiyakan. Namun, dia tak menyebutkan doa apa yang dipanjatkan oleh orang tuanya itu.

“Banyak. Banyak,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, momen sungkeman itu dunggah Jokowi di akun Instagramya. Jokowi terlihat bersimpuh di hadapan Sudjiatmi dan sungkem. Tampak Jokowi mengenakan kemeja putih bertuliskan ‘Bersih, Merakyat, Kerja Nyata’ dan sepatu sneakers hitam.

“Doa restu ibunda yang selalu memayungi langkah kaki dan memberikan kesejukan hati di sepanjang perjalanan hidup,” tulis Jokowi, Jumat 10 Agustus 2018.

Sungkeman yang dilakukan oleh Jokowi tidak hanya kali ini saja. Disetiap beliau hendak melakukan tugasnya keluar negeri, Jokowi selalu minta doa restu dari ibunya dengan cara sungkeman tersebut. Karena Jokowi percaya, bahwa doa ibu adalah yang terbaik. Apalagi jika memintanya dengan penuh keikhlasan dan ketulusan dari hati, niscaya doa yang ibu sampaikan akan sampai kepada sanga Pencipta.