Tak Kecewa, Jokowi Dodo Memilih Ma’ruf Amin Sebagai Calon Wakil Presidennya

Tak Kecewa, Jokowi Dodo Memilih Ma’ruf Amin Sebagai Calon Wakil Presidennya

Berita Politik

Tak Kecewa, Jokowi Dodo Memilih Ma’ruf Amin Sebagai Calon Wakil Presidennya

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tak kecewa dengan pilihan Joko Widodo atau Jokowi yang menunjuk Ma’ruf Amin sebagai calon wakil presidennya. Ia tidak kecewa, kalau kaget sedikit karena telah mendapatkan calon wakil presiden baru.

Jokowi adalah pendobrak kebekuan tradisi politik lama yang puluhan tahun dimonopoli para ningrat politik nasional,” ujar Ketua Umum PSI Grace Natalie di Sopo Del Tower, Jakarta Selatan, Sabtu, 11 Agustus 2018.

Adapun Mahfud MD dimata PSI adalah tokoh yang berpengalaman dalam memimpin, teruji secara integritas, dan merupakan salah satu tokoh agama yang bisa diterima semua kalangan.

Apalagi, Mahfud juga pernah menjabat sebagai Menteri Pertahanan di era Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, anggota DPR, dan pernah menjadi ketua Mahkamah Konstitusi.

“Pak Mahfud ini paket komplet, saya mengenal beliau sebagai orang yang tegas dan jujur,” ujar Grace. Meski akhirnya Mahfud MD tak dipilih sebagai cawapres, Grace menegaskan PSI akan tetap mendukung Jokowi.

Nama Mahfud MD sebagai cawapres Jokowi menguat di H-1 pendaftaran calon presiden. Mahfud bahkan sudah menyiapkan segala sesuatunya termasuk mengurus surat tak terkait masalah pidana di Pengadilan Negeri Sleman, Yogyakarta.

Bahkan Mahfud berada di lokasi yang tak jauh dari pertemuan ketua umum partai koalisi dengan Jokowi di restoran Plataran, Menteng. Namun nama yang keluar dari pertemuan itu rupanya Ketua Umum MUI Ma’ruf Amin.

Grace mengatakan, PSI memahami situasi pelik yang dialami Jokowi pada detik-detik terakhir pengambilan keputusan soal calon wakil presidennya.

Politikus Partai Nasional Demokrat, Taufiqul Hadi, tidak menampik jika sosok Ma’ruf Amin mempunyai sisi lemah dalam menjaring dukungan pemilih milenial. Namun kelemahan itu bisa ditutupi oleh Jokowi. Partai koalisi, kata Taufiq akan bertumpu pada Jokowi untuk mendulang suara pemilih milenial. “Untuk suara milinial akan dicover oleh sosok Pak Jokowi,” ujar Taufiq.

Sebab, usia Jokowi masih tergolong muda untuk posisi kepala negara. Hal itu ditunjang penampilan Jokowi yang beberapa kali memakai jeans, bahkan sepeda motor modifikasi. Ia yakin penampilan Jokowi mampu menutupi sisi senioritas Ma’ruf Amin.