TNI lakukan Program Kemanusiaan

TNI Lakukan Program Kemanusiaan Untuk Maluku

Berita Politik

Kali ini TNI melakukan gerakan menambah bantuan kemanusiaan untuk warga Komunitas Adat Terpencil (KAT) yakni Suku Mause Ane Kecamatan Seram Utara Timur Kobi Kabupaten Maluku Tengah. Bantuan tersebut bertujuan untuk mengurangi nilai kelaparan yang sudah menewaskan 4 orang.

Bantuan itu berupa makanan dan stok obat-obatan. Ada juga tim yang terdiri dari 14 orang untuk mendata serta mencegah terjadinya kejadian serupa terulang. “Kami membawa 14 orang dengan tujuan hanya datang ke lokasi, memastikan, mendata kemudian menyerahkan kembali kepada satuan atau wilayahaan apa-apa yang akan dilakukan dan memberikan kepastian kepada mereka tidak ada lagi kekurangan makanan lagi,” tutur Dansatgas Kolonel Inf Farid Makruf.

“Ingat tugas TNI di sini hanya membantu pemerintah daerah dalam melindungi dan menjaga warganya yang berada di Maluku Tengah,” sambungnya. Sebelumnya, Warga Komunitas Adat Terpencil (KAT) Suku Mause Ane, Kecamatan Seram Utara Timur Kobi, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, mengalami kelaparan. Ada 4 orang yang meninggal dunia.

Mereka yang meninggal adalah Lusirue usia 50 tahun, Asoka umur 2 Bulan, Aiyowa 4 tahun, dan Laupia 60 tahun. Jumlah warga suku ini tidak mencapai 200 orang dan terpencar di 3 lokasi. Untuk ke lokasi dibutuhkan waktu 2 hari dari ibu kota kabupaten.

Kodam XVI/Pattimura melakukan program bantuan kepada masyarakat Maluku karena sudah menelan banyak korban jiwa karena kelaparan. Hal ini seharusnya lebih di perhatikan oleh pemerintah daerah untuk bisa memberikan haknya dalam memenuhi kebutuhan konsumsi.